HOME
PRODUK
DISKON
PESAN

5 Cara Mengelola Sampah Rumah Tangga

sampah rumah tangga

 

Sampah dapat menjadi masalah besar jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengolahnya dengan baik. Jika ada sampah yang berserakan dan menumpuk di rumah Anda maka dapat memicu munculnya  sarang penyakit dan bakteri jahat. Rumah yang dipenuhi sampah juga dapat memperburuk tampilan dan keindahan rumah serta menyebarkan bau tidak sedap. Cermat dalam mengelola sampah adalah salah satu cara efektif untuk membantu menjaga kesehatan serta kebersihan hunian Anda.  Berikut adalah beberapa cara mengelola sampah rumah tangga Anda yang bisa Anda terapkan agar rumah tetap bersih!

 

1) Letakkan Kantong Plastik di Tempat Sampah

Salah satu cara mengatasi sampah rumah tangga yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi tempat sampah yang berantakan adalah dengan memasang wadah berupa kantong plastik di dalamnya. Kantong plastik hitam yang diletakkan di tempat sampah dapat memudahkan Anda saat hendak membuang sampah yang sudah berlebih. Hal ini juga dapat mencegah timbulnya sarang penyakit dari tempat sampah di dalam rumah Anda. Dengan cara sederhana ini, sampah yang bercecer akibat terlalu penuh dapat dicegah. Hati-hati juga saat hendak memasukkan atau mengeluarkan kantong plastik! Jangan sampai terlalu kasar sehingga kantong plastik menjadi sobek dan sampah justru tercecer di mana-mana. Setelah tempat sampah kosong, segera letakkan kembali kantong plastik di dalamnya untuk menampung pembuangan sampah selanjutnya.

 

2) Bedakan Sampah Organik dan Non Organik

Cara ini jika dimanfaatkan dengan benar terbukti ampuh untuk mengelola sampah dengan baik dan benar. Siapkanlah 2 jenis tempat sampah di rumah Anda untuk sampah organik dan sampah non organik. Perlu diingat, sampah organik berasal dari sisa makanan atau daun yang dapat diuraikan. Sementara plastik, karet, kaleng, atau kaca dapat dikategorikan sebagai sampah non organik. Dengan melakukan pemisahan seperti ini, Anda dapat membantu orang lain atau diri Anda sendiri dalam mengelola sampah ke dalam tahapan selanjutnya. Khususnya sampah bahan plastik yang bisa berbahaya bagi kesehatan lingkungan sekitar. Misalnya pengomposan yang dari sampah organik atau daur ulang untuk sampah anorganik. Sampah yang terpisah juga dapat mengurangi bau kurang sedap yang mungkin tercium.

 

3) Jangan Membiarkan Sampah Menggunung!

Malas tidak akan menyelesaikan masalah! Terlalu lama menimbun sampah dapat membuat kotoran semakin tercecer dan menumpuk di rumah Anda. Segera buang sampah yang telah menggunung! Selain tidak enak dilihat, sampah basah dan kering yang dibiarkan begitu saja selama beberapa hari malah akan menjadi sarang tumbuhnya ulat dan jamur. Jika sudah menimbulkan bau busuk dan terlihat menjijikkan, gunakanlah sarung tangan untuk mengambil kantong plastik dan mengikatnya. Jangan lupa untuk mencuci tangan sehabis membuang atau membersihkan sampah!

 

4) Mencuci Tempat Sampah

Walaupun tempat sampah sudah terlindung dengan pemberian kantung plastik, Anda tetap harus membersihkan tempat sampah secara rutin! Mungkin sekilas akan tampak bersih sehingga tak perlu untuk dicuci. Tetapi, mencuci tempat sampah dapat menjadi langkah sehat untuk mematikan kuman yang bersarang. Caranya sederhana! Anda cukup membersihkan tempat sampah dengan air sabun lalu bilas dengan air. Tunggu hingga sampah benar-benar kering sebelum Anda memakainya kembali. Mudah bukan?

 

5) Lakukan 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Pengurangan, penggunaan kembali, dan pendaurulangan sampah dapat menjadi langkah selanjutnya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rumah Anda. Untuk mengurangi sampah di rumah, biasakanlah untuk mengurangi pemakaian plastik, kertas, atau bahan-bahan lain yang sulit terurai. Cara lain adalah dengan menggunakan kembali bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan kembali, seperti kertas bekas, kardus, dan kantung plastik. Dan yang terakhir adalah daur ulang. Sempatkan untuk melakukan ketiga hal tersebut, ya! Mengelola sampah tak hanya membuat Anda dan keluarga dapat terhindar dari penyakit, tetapi juga menjaga kebersihan dan tampilan rumah Anda. Berhati-hatilah saat mengelola atau merapikan sampah! Selalu gunakan masker dan sarung tangan untuk menghindari diri dari sentuhan langsung terhadap kuman dan bakteri pada sampah. Penggunaan masker dan sarung tangan juga dimaksudkan untuk melindungi Anda dari gangguan kulit dan pernapasan saat melakukan kontak langsung dengan timbunan sampah di rumah

Produk

Follow me

Produk

© 2022 NH Retail – Management by Nurul Hayat